Kumpulan-kumpulan cara bermain futsal dan posisi posisinya

Sabtu, 14 Oktober 2017

Sejarah Futsal Di Tanah Air Tercinta

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PESAT FUTSAL DI TANAH AIR


Sejarah Permainan Futsal

Bagi anda penggemar Futsal, dan Jika kamu merasa hebat dalam bermain futsal kamu harus mengetahui pengertian olahraga futsal,bahkan kamu harus mempelajari fakta sejarah  yang akan kita bahas pada postingan ini.

Sejarah dan Perkembangan Pesat Futsal di Tanah Air

Sejak dikenalkan dan diciptakan pertama kali di Uruguay, tepatnya di Montevideo, tentu saja oleh sosok yang sudah diketahui banyak pencinta futsal yaitu Juan Carlos Ceriani. Futsal menjadi salah satu olahraga yang digemari anak-anak sampai orang dewasa dari berbagai macam profesi. Keunikan olahraga futsal ini mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan saat itu,tentu saja yang terutamanya di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan futsal ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang telah diperlihatkan oleh pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa.  

Umumnya para penggemar dan penggila olahraga futsal ini sebelumnya adalah para pecinta olahraga sepak bola. Bahkan seorang Pele, bintang terkenal Sepakbola Brasil contohnya, mengembangkan awal bakatnya di futsal. Oleh karena itu olahraga futsal diminati khususnya di kota-kota besar, ini disebabkan oleh pertumbuhan pembangunan infrastruktur kota yang semakin hari semakin maju dalam membuat lahan untuk bermain bola semakin sedikit. Sementara Brasil yang terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan di bawah Naungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, hingga ke Oseania.

Ukuran lapangan futsal yang lebih kecil dari lapangan sepak bola inilah yang menjadi daya tarik orang untuk memainkan olahraga ini.sehingga olahraga ini dapat dengan mudah dimainkan dimanapun apalagi dengan semakin menjamurnya lapangan fasilitas untuk menunjang olahraga ini. Futsal juga tidak membutuhkan fisik yang kuat dan pergerakan pada lapangan yang berukuran sempit membuat para pemain bisa melakukan teknik-teknik futsal yang keren. Ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar olahraga ini.



Olahraga Futsal masuk ke Indonesia tercatat pada sekitar tahun 1998-1999. Lalu pada sekitar tahun 2000-an, futsal mulai dikenal oleh berbagai kalangan. Pada saat itulah futsal mulai berkembang dengan semakin menjamurnya jumlah sekolah-sekolah futsal di Indonesia. bahkan pada tahun 2002 AFC meminta negara kita untuk menggelar kejuaraan Piala Asia.
Sejarah dan Perkembangan Pesat Futsal di Tanah Air

Futsal di Indonesia saat ini sudah sangat berkembang dan mengundang banyak penggemar. Akan tetapi, sampai saat ini olahraga futsal lebih bersifat hanya bersifat rekreatif atau sebagai hobi semata, ini belum menjadi sebuah olahraga profesional. Ini merupakan tugas Badan Futsal Nasional (BFN) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk lebih dapat bekerja bekerja keras guna membawa olahraga Futsal ini untuk dapat dinikmati semua elemen masyarakat dan tentu saja menjadi sebuah olahraga yang profesional.

Sekarang kita ketahui, Indonesia sendiri memiliki pertandingan kejuaraan nasional domestik yang dinamakan Liga Futsal Indonesia (LFI) atau Liga Futsal Nasional untuk level domestik, kompetisi ini dimulai yaitu pada musim 2006-2007. Ini merupakan kompetisi pertandingan utama futsal di Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Futsal Nasional PSSI. 


Prestasi Timnas Futsal indonesia

Share:

1 komentar:

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.