Kumpulan-kumpulan cara bermain futsal dan posisi posisinya

Sabtu, 14 Oktober 2017

Cara Menjadi Anchor Yang Tangguh

Biar Jago adalah rubrik yang membahas khusus tips dan trik yang dapat menambah kemampuan kami semakin jago saat bermain futsal, tapi tidak hanya tips dan trik berupa skill, tapi juga mulai dari persiapan dan saat bermain.

Kali ini rubrik biar jago membahas mengenai bagaimana menjadi seorang anchor yang handal. Anchor atau pemain jangkar, merupakan posisi bek yang juga sering menjadi pengatur serangan.

Salah satu, pemain anchor Indonesia ternama adalah Socrates Matulessy. Anchor andalah IPC Pelindo II Jakarta yang biasa disapa Chaca. Ia pun bersedia memberikan tips bagaimana menjadi seorang anchor yang jago.

"Seorang anchor harus bisa membaca situasi dalam pertandingan karena aliran bola kedepan berawal dari anchor. Memiliki passing control yang akurat karena rata-rata seorang anchor itu playmaker juga. Saat defense harus bisa menjaga lawan dan daerah," ungkap Chaca kepada Bolalob.

1. Perkuat defense
Pada dasarnya tugas seorang anchor adalah bertahan karena ia seringkali sebagai bek terakhir. Oleh karenanya harus mampu melatih kemampuan bertahannya, terutama dalam hal emnjaga lawan dan daerahnya.


2. Perdalam membaca serangan lawan
Tugas anchor sebagai bek adalah bagaimana dirinya mampu mematahkan serangan lawan dengan membacanya. Latihlah terus kemampuan ini seperti melihat pertandingan-pertandingan lewat video untuk mengasah kemampuan membaca aliran bola lawan.


3. Kuasai kontrol bola dengan tenang
Anchor juga seringkali sebagai playmaker dan salah satu kemampuan yang dimilikinya adalah bagaimana mengontrol bola dengan tenang. Kemampuan menahan bola ditengah pressing lawan tanpa merasa panik. Berlatihlah terus dan asah lewat pertandingan-pertandingan dan latihan tim yang dijalani.


4. Mengatur jalannya serangan
Tugas utama playmaker tentunya mengatur jalannya serangan. Pelajarilah beragam taktik dan strategi yang dinginkan pelatih karena jalannya alur bola akan ditentukan oleh seorang playmaker dalam hal ini jika diberikan kepada anchor.


5. Latih passing dan shooting dengan akurat
Tentu saja kemampuan dasar yang harus terus diasah oleh seorang anchor adalah kemampuan passing dan shooting yang akurat. Latihlah terus passing, baik pendek maupun jauh serta tendangan-tendangan ke gawang dengan akurat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.